Perbedaan Pondasi Foot Plate dan Batu Kali Lebih Bagus Mana

Arsitetika.com - Apa perbedaan pondasi foot plate dan batu kali dari segi kelebihan dan kekurangan untuk membangun rumah lantai 1, 2  atau gedung bertingkat.

Ketika membangun rumah atau bangunan pada umumnya pondasi menjadi bagian yang akan dikerjalan pertama dalam konstruksi bangunan.

Pondasi bertanggung jawab untuk menyalurkan beban bangunan ke tanah yang mendasarinya. Salah satu jenis pondasi yang digunakan adalah pondasi foot plate dan batu kali yang memiliki karakteristik dan manfaatnya sendiri yang akan saya jelaskan.

pondasi foot plate

1. Pondasi Foot Plate Adalah

Bisa diartikan atau disebut pondasi plat kaki, adalah jenis pondasi yang umumnya digunakan untuk mendukung struktur pondasi tanah agak dalam. Bahan utama pondasi foot plate terbuat dari beton bertulang. Yaitu beton yang dicor dengan rangka besi di dalamnya untuk menambah kekuatan.

Biayanya lebih mahal, biasanya digunakan untuk bangunan bertingkat mulai dari 3 lantai. Sedangkan pondasi batu kali adalah pondasi tradisional yang umum dugunakan sejak dulu untuk membuat rumah.

Jenis-Jenis Pondasi Foot Plate

Plat Baja: Pondasi foot plate sering kali terbuat dari plat baja yang tebal dan kuat. Plat baja ini biasanya diperkuat dengan pengelasan untuk meningkatkan kekuatan strukturalnya.

Plat Beton: Ada juga pondasi foot plate yang terbuat dari beton, yang seringkali dipilih untuk proyek-proyek yang memerlukan ketahanan terhadap korosi atau lingkungan yang agresif.

Kelebihan Pondasi Foot Plate

Distribusi beban bangunan secara merata ke tanah di sekitarnya. Hal ini membantu mencegah terjadinya penurunan atau pergeseran tanah yang tidak diinginkan. Cocok untuk tanah yang tidak stabil

Stabilitas bagus, dengan menyediakan basis yang lebih luas, pondasi foot plate meningkatkan stabilitas struktur bangunan, terutama pada tanah yang lunak atau tidak stabil.

Pemasangan mudah, proses pemasangan pondasi foot plate relatif mudah dan cepat, terutama jika dibandingkan dengan beberapa jenis pondasi lainnya seperti pondasi tiang atau pondasi cakar ayam.

Kekurangan Pondasi Foot Plate
Biayanya jauh lebih mahal karena banyak menggunakan material besi dan beton

pondasi batu kali

2. Pondasi Batu Kali Adalah 

Pondasi yang menggunakan batu kali sebagai bahan utamanya. Batu kali adalah batuan alam yang berukuran relatif besar dan umumnya berbentuk bulat atau tidak beraturan. Pondasi ini biasanya dibangun di bawah dinding atau struktur bangunan untuk memberikan dukungan yang kuat.

Kelebihan Pondasi Batu Kali

Kekuatan Struktural batu kali memiliki kekuatan alami yang tinggi, sehingga pondasi ini mampu memberikan dukungan yang kuat untuk bangunan di atasnya.

Daya Tahan pondasi batu kali cenderung lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan kondisi lingkungan, sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Biaya Ekonomis, karena batu umumnya ersedia secara alami di sebagian besar daerah, sehingga penggunaan pondasi ini dapat menjadi pilihan yang ekonomis.

Kekurangan pondasi batu kali
Kurang cocok untuk bangunan bertingkat tinggi, atau gedung. Hanya cocok untuk rumah pribadi atau bangunan kecil dengan beban yang ringan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال